Kegiatan pengabdian kepada masyarakat
Dengan judul upaya peningkatan pendapatan petani melalui peningkatan Power of hidrogen atau ( PH) lahan sawah di Desa Reuleut Timur Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Setelah berjalan dari bulan Juli sampai Oktober 2021 kegiatan sosialisasi pentingnya mengetahui nilai PH tanah sawah telah dipaparkan oleh Hijri Juliansyah., S. P. M. Ec. Fenomena yang terjadi, banyak petani yang hasil panennya di setiap musimnya berkisar antara 50-60 % dari potensi hasil sebenarnya. 
IMG 20211107 WA0023
Mengapa hasil panen susah meningkat padahal telah menggunakan bibit unggul dan pupuk yang cukup.  Salah satunya adalah Ph tanah yang sangat rendah, sehingga tanaman padi sukar menyerap unsur hara. 
Pengukur PH tanah tidak dapat menampilkan angka nilai pH dibawah 3,5(Lo). Untuk itu perlu perlakuan yang dilakukan untuk meningkatkan PH sawah Agar alat pengukur dapat menampilkab nilainya. 
Bagaimanakah cara meningkatkan nilai ph sawah. 
Untuk peningkatan nilai ph sawah dapat dilakukan dengan menaburkan kapur dolomit, penaburannya memerlukan jumlah yang tinggi. 
Untuk satu hektar sawah perlu 2 ton kapur dolomit ( referensi). 
Salah satu alternatif lain yang lebih mudah dan lebih murah yaitu dengan menggunakan mikroba yang telah difermentasikan selama 3 hari. 
Mikroba ini dapat diperoleh dari kemasan pabrik yang kemudiannya dicampur dengan gula merah untuk proses fermentasinya. 
Konsentrat fermentasi tersebut dapat diaplikasikan ke sawah melalui media penyemprotan. 
Konsentrat tersebut dapat dicairkan dalam 1 tangki air dengan dosis tertentu.