Kondisi buruh sawit wanita di Aceh saat ini sangat buruk ini dicerminkan oleh kondisi upah harian buruh wanita lebih rendah dari laki2, sering mengalami pelecehan di kebun (temuan kasus beberapa waktu yang lalu) dan kemungkinan diserang binatang buas serta kecelakaan kerja lainnya. 
Selain itu belum adanya pemanfaatan limbah pelepah sawit yang biasanya hanya dibiarkan teronggok di sudut kebun atau dibakar dapat merusak lingkungan. 
 IMG 20211117 WA0007
Berdasarkan 2 permasalahan diatas, tim pengabdian dari  lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat UNIMAL yang diketuai oleh Devi Andriyani, S.P., M.Si mencoba menawarkan solusi dengan memadukan pemanfaatan limbah biomassa sawit dengan memberdayakan tenaga kerja wanita untuk peningkatan pendapatan keluarga.
 IMG 20211117 WA0010
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan hari Senin 15 November 2021di Desa Alue Papeun Kecamatan Nisam Antara  Kabupaten Aceh Utara berupa pelatihan hardskill dan softskill.  
Pelatihan Hardskill dilakukan dengan mengajarkan remaja putri dan ibu2 rumah tangga menganyam lidi sawit menjadi barang2 seperti piring, tempat buah, vas dan perabot rumah tangga lainnya dari lidi sawit. 
 IMG 20211117 WA0006
Pelatihan softskill dilakukan dengan memberikan sosialisasi tentang pentingnya wanita mengasah dan menambah skill serta kreativitas, sosialisasi terkait penyadaran pentingnya memanfaatkan dan menjaga kelestarian alam dan pelatihan management usaha dengan tema  "bekerja cerdas tanpa harus bekerja keras dengan memanfaatkan media sosial dan e.commerce" kondisi buruh sawit.